Kota Kualasimpang. Dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan yang baik pada Pemerintah Kampung dalam Kecamatan Kota Kualasimpang serta sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi Pemerintah Kecamatan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan Kampung, Camat Kota Kualasimpang beserta tim yang terdiri dari pejabat struktural dan pelaksana melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi terhadap penggunaan Dana Desa Tahap 1 dan tahap 2 Tahun anggaran 2019. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penyerapan anggaran pada setiap kampung, hal tersebut sangat penting mengingat tingkat penyerapan anggaran menjadi sarat mutlak yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kampung dalam proses pengajuan Dana Desa setiap tahapnya. Selanjutnya kegiatan ini menjadi sarana sharing knowledge (tansfer ilmu) antara aparatur pemerintah Kecamatan Kota Kualasimpang, para pendamping desa dengan perangkat kampung. Sharing knowladge tersebut menitik beratkan pada aspek pengelolaan keuangan desa yang meliputi perencanaan,pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban penggunaan Dana Desa.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 14 - 16 Oktober 2019, selain mengevaluasi dokumen pertanggung jawaban Dana Desa, tim juga melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pengerjaan fisik yang terdapat dalam setiap kampung, dari hasil pantauan dilapangan, meskipun masih terdapat beberapa pengerjaan yang belum sesuai dengan ketentuan yang termuat dalam dokumen Rencana dan Anggaran Biaya (RAB), namun tim menilai hal tersebut masih bisa dilakukan perbaikan. Dari segi tingkat penyerapan anggaran, seluruh Kampung telah mencapai batas minimal penyerapan anggaran, dengan persentase rata-rata tingkat penyerapan yaitu 78%. Camat Kota Kualasimpang Aulia Azhari, S.STP dalam setiap penyampaiannya, mengingatkan kepada para Datok Penghulu beserta perangkat kampung agar berhati - hati dalam mengelola Dana Desa, patuhi aturan, karena tujuan di kucurkannya dana desa oleh Pemerintah Pusat sejatinya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat bukan "perangkat". (Izen)

Kualasimpang : Ridwan terpilih sebagai Datok Penghulu Kampung Perdamaian Kecamatan Kota Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang periode 2019 - 2025 pada pemilihan Datok Penghulu bertempat di TPA Kampung Perdamaian, Sabtu, (24/08/2019).

Pada Pemilihan Datok Penghulu (Pildatok) tersebut dimulai pada pukul 07:00 wib dan berakhir  Penghitungan suara sekira pukul 17:00 wib.

Pada penghitungan suara, Ridwan bernomor urut satu (1) memperoleh sebanyak 376 suara, sedangkan Muhammad Irwan meraih 326 suara dan T. Iskandar 196 suara dari 1554 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari 1554 daftar pemilih tetap (DPT), sebanyak 898 suara dinyatakan sah, dan 10 suara tidak sah, sementara sisanya tidak menggunakan hak pilihnya.

Panitia Pelaksana Datok Penghulu (P2DP) Kampung Perdamaian tersebut diketuai oleh H. Suyanto  dengan menempatkan Dua (2) Tempat Pemungutan Suara Berlokasi di TPA Kampung Perdamaian.

"Pada pelaksanaan Pemilihan Datok Penghulu  tersebut terlihat respon masyarakat terlihat cukup antusias, meskipun beberapa diantara warga yang tidak menggunakan hak suaranya.

"Pantauan Media di lapangan, Antusiasme masyarakat juga terlihat dari partisipasi masyarakat yang cukup baik, dengan suasana aman, nyaman dan tertib.

Aulia Azhari, S.STP selaku Camat Kota Kualasimpang  menyampaikan, kepada Datok yang terpilih untuk dapat berkerja dengan baik dalam membangun Pemerintah Kampung terutama kepentingan masyarakat, dan dapat membuat perubahan dalam memajukan kampung dengan melayani serta mengayomi masyarakat, harapnya.

 

Aceh Tamiang - Dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 H. Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melakukan kegiatan Safari Ramadhan. Pada kesempatan kali ini (22/5) Rombongan Tim safari Ramadhan yang melakukan kunjungan Ke Kecamatan Bandar Pusaka Kampung Bengkelang diketuai oleh Bapak Kapolres Aceh Tamiang.